Kamis, 15 Mei 2014

PERHITUNGAN ALJABAR BIASA MENGGUNAKAN MAPLE 13



Maple merupakan perangkat lunak matematika yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai perhitungan dan persamaan matematika, baik secara eksak maupun simbolik. Maple dapat digunakan sebagai sebuah alat bantu untuk pemecahan masalah matematika, baik masalah komputasi numerik, aljabar simbolik, maupun grafik.

Maple 13 berisi banyak prosedur matematika, tetapi juga bisa membuat prosedur sendiri menggunakan bahasa pemograman Maple dengan menggunakan program yang terdapat pada Maple 13. Pengoperasian Maple ini, setiap akhir baris perintah harus diakhiri dengan tanda titik koma (;) dan untuk eksekusi perintah digunakan tombol Enter. Menu Bar yang terdapat pada Maple13 tidak jauh berbeda dengan Menu Bar yang ada pada Microsoft. Menuliskan sebuah teks pada worksheet Maple 13, pilih tanda [T] pada Menu Bar, sedangkan untuk menulis bilangan maupun teks pada lembar kerja yang tidak berhubungan dengan yang telah dituliskan sebelumnya, dapat menuliskan restart pada worksheet Maple 13.

Berikut ini beberapa aturan penulisan matematika dalam Maple 13 antara lain:

1) Menuliskan koma = (.)
Menuliskan koma pada angka desimal dalam Maple 13 dapat digunakan tanda titik (.). Contohnya seperti berikut:



2) Menuliskan pi
Menuliskan pada Maple, langkah pertama yaitu menuliskan perintah Pi lalu diikuti dengan tanda titik koma (;), kemudian tekan tombol Enter. Contohnya seperti berikut:



3) Penjumlahan = (+)
Menjumlahkan bilangan pada Maple, digunakan tanda (+) sama seperti penjumlahan pada umumnya. Bilangan pertama yang akan dijumlahkan di ketik dan diikuti dengan tanda (+), kemudian bilangan kedua diketik dan diakhiri dengan (;) lalu tekan tombol Enter, maka akan diperoleh hasil dari penjumlahan tersebut seperti pada contoh di bawah ini:



4) Pengurangan
Pengurangan bilangan pada Maple dapat dilakukan dengan langkah yang sama seperti pada penjumlahan, hanya saja mengganti tanda penjumlahan (+) dengan tanda pengurangan (-). Berikut contohnya:



5) Perkalian = (*)
Perkalian pada Maple dapat dilakukan langsung seperti pada perkalian biasa yang sering dilakukan. Diantara bilangan yang akan dikalikan diberi tanda (*) dan diakhiri dengan (;) kemudian di Enter, maka akan diperoleh hasil dari perkalian tersebut. Berikut ini contoh dari penulisan perkalian dalam Maple 13:



6) Pembagian = (/)
Pembagian dalam Maple 13 dapat dilakukan dengan cara mengetik bilangan yang akan dibagi dan diikuti dengan tanda (/) kemudian diketikkan bilangan pembaginya yang diakhiri dengan (;) dan tekan tombol Enter, maka hasil pembagian akan diperoleh seperti pada contoh berikut ini:



7) Pangkat = (^)
Operasi pangkat dalam Maple dapat dilakukan denggan menggunakan tanda (^). Misalnya pada operasi 5 pangkat 6, pertama angka 5 ditulis, diikuti dengan tanda (^) dan angka 6 ditulis setelah tanda (^), kemudian diakhiri dengan (;) dan tekan tombol Enter. Hasil dari operasi pangkat tersebut akan muncul seperti contoh dari operasi hitung pangkat berikut ini:



8) Akar Pangkat Dua = (sqrt)
Menghitung akar pangkat dua pada Maple, dapat dilakukan dengan cara menuliskan sqrt yang diikuti dengan buka kurung angka yang akan dicari akar pangkat duanya, tutup kurung dan diakhiri dengan (;) kemudian tekan tombol Enter. Berikut ini contoh perhitungan akar pangkat dua:



9) Absolut/Nilai Mutlak = (abs)
Absolut yaitu mengubah bilangan yang bernilai negatif menjadi bernilai positif. Membuat nilai absolut pada suatu bilangan dapat dilakukan dengan cara mengetikkan abs yang diikuti dengan buka kurung bilangan yang akan diabsolutkan tutup kurung, diakhiri dengan (;) dan kemudian tekan tombol Enter. Contoh untuk menentukan nilai absolut pada suatu bilangan yaitu sebagai berikut:



10) Menggunakan evalf
Evalf digunakan untuk menghitung bilangan yang hasilnya dalam bentuk desimal. Evalf dapat dilakukan dengan cara ketik evalf (operasi fungsinya, jumlah digit yang diinginkan) kemudian disertai dengan (;) dan tekan tombol Enter. Berikut beberapa contoh penggunaan evalf:



11) Menggunakan sum
Sum berguna untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada, sum juga dapat digunakan untuk menghitung deret aritmatika. Menggunakan sum, langkah awalnya ditentukan terlebih dahulu rumus deret angka yang akan dihitung. Apabila sudah ditentukan rumusnya, maka ditulis sum buka kurung rumus deret angka tutup kurung, diakhiri (;) lalu tekan tombol Enter. Rumus deret angka misalnya (1/n, n=1..10). Mendapatkan hasil dalam bentuk desimal, dapat digunakan evalf, seperti contoh pada hasil praktikum aljabar biasa berikut:



Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perhitungan aljabar biasa pada Maple pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan perhitungan yang biasanya digunakan, hanya terdapat ketentuan-ketentuan lain seperti harus diakhiri tanda titik koma (;) setiap akhir penulisan perintah. Pengoperasian bilangan terdapat beberapa rumus yang dapat digunakan, seperti evalf untuk perhitungan dalam bentuk hasil desimal dengan jumlah digit yang diinginkan, sqrt untuk menghitung akar pangkat dua, dan sum untuk menjumlahkan bilangan dalam bentuk deret bilangan.

"FMIPA Universitas Jember" Jurusan "KIMIA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar